Sabtu, 26 Mei 2012

Bentuk Karangan (B.Indonesia)

Assalamualaikum Wr. Wb
Sebelum menulis artikel saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ibu guru saya di mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu Bu Purwatiningsih S.pd yang telah memberi saya ilmu mengenai :

BENTUK-BENTUK KARANGAN

1.Deskripsi :

*Karangan yang menggambarkan sebuah tempat atau sosok seseorang berdasarkan pengamatan.
contoh = "Sosok Bj Habibi Yang Jenius"

2.Eksposisi

*Karangan yang berisi langkah-langkah atau cara membuat sesuatu,berfungsi untuk memperluas wawasan si pembaca.
contoh = "Tahapan-Tahapan Membuat Blog"

3.Persuasi

*Biasanya ada kata "Ayo"/"Mari",Karangan yang mengajak,menghimbau dan mempengaruhi pembaca.
contoh = "Ayo Lestarikan Budaya Indonesia"

4.Argumentasi

*Karangan yang berisi pendapat,kritik,saran dan komentar.
contoh = "Pemerintah Indonesia Yang Morat-Marit"

5.Narasi

*Karangan yang berisi cerita hasil dari imajinasi pengarang,didalamnya ada tokoh,alur dan latar.
contoh = "Hari Ulang Tahunku Sangat Menyenangkan"


Satu lagi nih,guru saya pun memberikan sebuah tips agar mudah menghapal bentuk-bentuk karangan yaitu dengan menggabungkan semua bentuk karangan menjadi sebuah kata "D.E.P.A.N" (Deskripsi.Eksposisi.Persuasi.Argumentasi.Narasi)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan ragu untuk membaca artikel yang saya buat ini.
Terima Kasih bila anda sudah mau membaca Artikel yang saya baca.
Silahkan tinggalkan komentar dan saran untuk lebih baik lagi blog yang saya buat.