Sabtu, 26 Mei 2012

Kelembapan Udara (GEOGRAFI)

Assalamualaikum Wr. Wb
Sebelum menulis artikel saya ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak guru saya di mata pelajaran Geografi yaitu Pak Heru Budi Setiawan A.md yang telah memberi saya ilmu mengenai :

KELEMBAPAN UDARA
Pengertian :
  • Kelembapan udara adalah kandungan uap air dalam udara
Jenis-Jenis :
  1. Kelembapan Absolut
  2. Kelembapan Relatif/NISBI
  3. Kelembapan Spesifik
Pengertian Masing-masing Jenis :

-Kelembapan Absolut

*Kelembapan Absolut adalah perbandingan kandungan uap air setiap volume udara
*Biasanya Gram,Liter,Meter Kubik
*contoh : Dalam 1 Liter udara terdapat uap air sebanyak 35gram
artinya kelembapan absolutnya sebanyak 35 gram/liter.

-Kelembapan Relatif/NISBI

*Kelembapan Relatif/NISBI adalah perbandingan jumlah uap yang ada secara nyata dengan jumlah uap air maksimum mampu ditampung oleh setiap unit volume udara dalam suhu yang sama.



Rumus Kelembapan NISBI : 





-Kelembapan Spesifik
*Kelembapan Spesifik adalah perbandingan kandungan uap air dalam tiap unit berat udara.
*biasanya dinyatakan dengan gram/kg
*contoh : dalam 1 kg udara terdapat 60 gram uap air,artinya kelembapan spesifiknya 60 gram/kg.



0 komentar:

Posting Komentar

Jangan ragu untuk membaca artikel yang saya buat ini.
Terima Kasih bila anda sudah mau membaca Artikel yang saya baca.
Silahkan tinggalkan komentar dan saran untuk lebih baik lagi blog yang saya buat.