Minggu, 03 Juni 2012

Tips memilih sekolah

Berikut ini tips untuk Anda memilih sekolah untuk anak-anak Anda tercinta.
Ajak anak Anda berkomunikasi mengenai sekolah dan pelajaran yang kira-kira disukai oleh anak Anda. Minat dan keinginan anak Anda juga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk dapat memilih sekolah dan pendidikan yang tepat untuk anak Anda.

Sebelum menentukan sekolah yang dituju, orangtua dan siswa perlu melakukan observasi bagaimana sesungguhnya sekolah yang akan dipilih. Apakah program sekolah tersebut, sudah sesuai dengan kondisi, minat dan kemampuan anak. Pasalnya saat ini banyak sekolah menawarkan berbagai keunggulan dan sebagai orang tua, Anda harus selektif.
Dengan mengetahui minat anak dan dengan melakukan observasi, diharapkan orang tua juga tidak memaksakan anak untuk bersekolah di tempat yang tidak disukai. Jangan terlalu mementingkan gengsi, yang terpenting adalah bagaimana anak Anda belajar dengan tenang dan nyaman sehingga anak Anda pun tidak merasa tertekan dengan pelajaran maupun keadaan sekolah.

Ciri sekolah berkualitas

Berikut adalah pertimbangan memilih Sekolah Dasar yang bagus:

1. Guru. Pilih Sekolah Dasar yang tenaga pendidiknya sudah mempunyai sertifikat pendidik, memiliki ijazah dari LPTK, mengikuti program sertifikasi, utamakan lulusan S1 (jika belum bisa lulusan D2 atau PGSD) berpengalaman dan profesional. Guru harus sabar, dekat dengan anak, tidak judes atau galak, banyak senyum, riang dan memusatkan perhatian kepada anak.

2. Kurikulum. Sebaiknya pilih Sekolah Dasar yang kurikulumnya sudah mengikuti standar kurikulum dari Pemerintah.

3. Lokasi. Pilihlah lokasi sekolah yang strategis misalnya, berada di jalan protokol. Hindari sekolah yang dekat dengan terminal, gedung bioskop, pasar atau mall, dekat kuburan, dekat kali, dan lain-lain. Jarak antara sekolah dan rumah juga patut diperhitungkan karena jangan sampai si kecil ‘tersiksa’ untuk pergi ke sekolah, lantaran dia harus bangun terlalu pagi.

4. Gedung. Pilih sekolah yang memiliki gedung yang bagus, bersih, terang, banyak ventilasi udara sehingga anak nyaman belajar di sekolah.

5. Sarana dan prasarana. Perhatikan fasilitas yang disediakan misalnya; laboraturium, tempat olahraga, halaman. Memiliki sarana dan prasarana yang lengkap antara lain ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang tata usaha. Memiliki peralatan pendidikan dan pelajaran yang lengkap. Kalau ada kantin sekolah perlu ada dokter yang selalu memantau makanan yang dijual demi kesehatan anak.

Atau, ada ruangan khusus yang dapat digunakan jika si kecil dan murid-murid lainnya mengalami kecelakaan kecil atau mendadak sakit di sekolah–tentu ada dokter atau tenaga medis lainnya. Jika istirahat anak memiliki halaman sekolah untuk bermain. Kamar kecil bagi guru dan murid lebih baik terpisah, banyak dan bersih.

6. Hal lain yang perlu kita pertimbangkan adalah, semudah apakah komunikasi antara pihak sekolah atau guru dalam memberikan laporan perkembangan anak. Hal ini sangat penting, karena tanggungjawab pendidikan tidak dapat seratus persen diserahkan kepada guru dan pihak sekolah, tentunya sebagai orangtua sangat penting untuk mengetahui hal- hal yang berkaitan dengan perilaku, prestasi maupun progress dari anak tersebut. Yakinkan diri anda bahwa anda dapat mengakses komunikasi dengan lancar dengan guru penangungjawab anak anda sehingga perubahan sekecil apapun tidak luput dari pemantauan orang tua. Saat ini beberapa sekolah sudah memanfaatkan fasilitas social media, seperti Facebook , dimana mereka akan mengupload kegiatan- kegiatan sekolah.Orang tua juga secara aktif dapat berkomunikasi dengan sekolah melalui media tersebut. Semoga kemudahan komunikasi juga dapat diakses di sekolah yang anda pilih untuk putra putri anda.

Nah,oleh karna itu INSYAALLAH daftarkan segera diri anda ke SMA PESAT. disana semua fasilitas menyenangkan dan sangat mengesankan. ayo segera daftarkan diri anda,putra-putri anda dan ajak juga tetangga,teman serta saudara anda untuk daftar ke sma pesat !! :)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan ragu untuk membaca artikel yang saya buat ini.
Terima Kasih bila anda sudah mau membaca Artikel yang saya baca.
Silahkan tinggalkan komentar dan saran untuk lebih baik lagi blog yang saya buat.