Kamis, 14 Juni 2012

Video Gerhana Matahari Pertama di Tahun 2012


Gerhana Matahari pertama di tahun 2012 terjadi pada hari ini, Senin (21/5/2012). Fenomena ini terjadi ketika Bulan berada di antara Matahari dan Bumi.

Di wilayah Cina, Jepang, Pasifik dan bagian barat Amerika Serikat, fenomena gerhana yang terjadi adalah Gerhana Matahari Cincin. Gerhana ini terjadi sebab Bulan berada pada jarak terjauh dari Bumi sehingga bayang-bayangnya (umbra) tidak sampai Bumi. Adalah perpanjangan dari umbra (antumbra) yang sampai ke Bumi.

Gerhana Matahari Cincin hari ini berlangsung selama 5 menit 46 detik. dari total seluruh wilayah Bumi, hanya 0,74 persen saja yang bisa menyaksikannya.

Gerhana "bergerak" dari wilayah Cina menuju Jepang, kemudian ke area Pasifik dan akhirnya berakhir di wilayah Amerika. Awal gerhana terjadi 21 Mei 2012 sekitar pukul 06.06 di Cina. Sementara, gerhana berakhir di Amerika Serikat saat waktu setempat masih menunjukkan tanggal 20 Mei 2012 sore hari. Jadi, seolah-olah gerhana bergerak mundur.

Fenomena gerhana ini menarik minat publik. Siswa di Jepang ikut serta menyaksikan fenomena ini. Selain menyaksikan secara langsung, sejumlah web juga menyiarkan livestreaming gerhana.

Beberapa orang pun merekam peristiwa gerhana dan mengunggahnya ke Youtube. Salah satu video yang menggambarkan cukup jelas terjadinya gerhana adalah video berikut :


Dalam video di atas, tampak Bulan secara perlahan menutupi piringan matahari. Tak semua piringan tertutupi. bagian tepi Matahari tak tertutupi sehingga terlihat menyala kuning dan berbentuk cincin. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa cincin gerhana kali ini cukup tebal sebab hanya 94 persen piringan matahari yang tertutupi.

Selama Gerhana matahari Cincin hari ini terjadi, wilayah Indonesia seperti Sulawesi, Kalimantan, papua dan Maluku hanya menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian. Di Indonesia, Gerhana Matahari Cincin pernah terjadi pada 26 januari 2009 lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan ragu untuk membaca artikel yang saya buat ini.
Terima Kasih bila anda sudah mau membaca Artikel yang saya baca.
Silahkan tinggalkan komentar dan saran untuk lebih baik lagi blog yang saya buat.